Saat akan mulai membuat blog, kita dihadapkan oleh banyak pilihan format blogging. Kamu bisa memilih & menggunakan fasilitas dari Blogger, WordPress, Blogsome atau TypePad. Yang pastinya, semua gratis sesuai ketentuan yang berlaku. Enak ya, punya blog hosting yang gratis, bisa memilih template sesuai selera kita, walaupun ada pembatasan juga dalam kapasitas penyimpanan file gambar dan video. 

Jika kamu memang hobi menulis, pandai merangkai kata dan memiliki ide segudang, satu pengalaman pribadi bisa menghasilkan sebuah tulisan yang informatif dan membaginya dengan pembaca melalui sebuah blog. Blog itu sendiri pada dasarnya gratis, kecuali kamu ingin membeli domain dan menggunakannya untuk blog kamu. 

Namun banyak alasan pula banyak blogger yang beralih menggunakan domain pribadi (seperti blog ini) dan menggunakan blog hosting berbayar. Biasanya domain pribadi dan blog hosting memerlukan biaya tahunan dan menjanjikan pelayanan yang lebih bagus dibandingkan blog hosting gratis.

Penggunaan domain pribadi bisa menggambarkan bahwa seseorang memang berniat serius terjun di dunia blogging dan memberi kesan lebih profesional. Hal ini dikarenakan pengguna personal domain rela membayar untuk membeli domain sesuai dengan nama yang dia inginkan. Dan itu semua biasanya akan mendapat perhatian khusus dari pembaca ataupun mesin pencari (terutama Google), apalagi jika isi blog tersebut sangat bermanfaat bagi orang banyak.

panduan memilih blog hosting yang tepat untuk mulai membuat sebuah blog.
Tapi hal ini bukan berarti pengguna domain blog gratisan tidak profesional. Mengutip kata orang, kalo ada yang gratis, kenapa harus bayar? Sah saja seorang blogger tetap setia menggunakan domain bawaan dari blog hostingnya (seperti blogspot, wordpress, typepad atau blogsome). Bahkan banyak dari mereka mempunyai pembaca setia, mempunyai PR yang tinggi dan mendapatkan rangking bagus di search engine.
Sekarang semua pilihan dan minat ada di tangan kamu, mau bikin blog dengan gratis seumur hidup atau blog dengan membayar biaya tahunan untuk membeli domain. Yang jelas sebuah blog harus dirawat dengan baik dan rajin update agar pembaca datang lagi untuk melihat artikel terbaru kamu. Jadi walaupun misalnya kamu lebih suka yang gratis, bukan berarti dibuat seadanya dan asal jadi.
antara menggunakan domain pribadi dengan membayar atau menggunakan domain blog gratisan.
Dengan semakin terjangkaunya harga sebuah domain, mengapa tidak membeli domain untuk blog pribadi kamu? Apalagi jika kamu buat blog khusus untuk bisnis paid review misalnya. Hal ini akan lebih bagus di mata advertiser atau pengiklan, karena blog kamu akan dianggap lebih serius.
Nah, kamu sendiri pilih bayar atau yang gratis?
Advertisements