Jika kamu mempunyai blog khusus bisnis atau blog yang digunakan sebagai toko online, tentu tidak akan berhasil jika promosi kurang gencar dilakukan. Selain berguna untuk meningkatkan penjualan produk, promosi juga mendatangkan traffic pengunjung yang siapa tahu akan menjadi calon pembeli. Banyak kiat dan cara yang bisa dilakukan dalam berpromosi di internet.

Dalam hal ini saya akan membahas promosi yang dilakukan dengan cara online. Artinya semua hal yang menyangkut iklan dan promosi blog bisnis kamu, terpajang secara online di internet. Berikut beberapa kiat untuk mempromosikan blog bisnis perusahaan kamu.

1. Newsletter
Walaupun jumlah pelanggan masih sedikit, jangan lupa selalu membuat newsletter yang dikirimkan secara berkala kepada pelanggan lewat email. Idealnya newsletter dibuat bulanan, walau ada juga yang mingguan. Dalam newsletter bisa uraikan program diskon ataupun perkenalan adanya produk baru di blog kamu.

2. Email Marketing
Cara ini menuntut ketrampilan dan ide yang luas. Banyak perusahaan yang mengirimkan email marketing setiap hari kepada pelanggannya. Namun kamu bisa gunakan cara mingguan. Tujuannya agar product image blog bisnis kamu tetap terjaga dan pelanggan akan mengingat kualitas produk.

3. Business Forum
Banyak forum yang ditujukan untuk negosiasi bisnis ataupun sekedar mencari calon pelanggan. Forum seperti ini biasanya berasal dari luar negeri. Cantumkan tanda tangan atau signature yang berupa link atau URL blog kamu. Jadi setiap kamu posting, otomatis link tersebut akan muncul dan menarik minat anggota forum untuk berkunjung.

4. Business Directory
Di internet tersebar banyak blog directory gratis maupun berbayar. Jika mau yang mudah, pilihlah blog direktori khusus bisnis yang gratis. Namun jika dana mencukupi, pilihlah business directory dari Yahoo dan Google. Memang ada biaya tahunan, namun dipastikan bisnis kamu akan lebih banyak dikenal orang.

5. Facebook Pages
Buatlah halaman khusus di Facebook yang memang sengaja diperuntukkan bagi artis, public figure atau perusahaan yang ingin beriklan, gratis pula. Istilahnya, mencari fans atau penggemar. Undanglah ke semua pengguna Facebook, lalu updatelah sesering mungkin dengan berita tentang produk dari bisnis online kamu.

6. Facebook Advertising
Kiat ini juga bisa dilakukan, walaupun memang memerlukan biaya. Buatlah konsep iklan yang bagus dan menarik, pilih gambar atau foto yang eye catching, lalu beriklanlah di Facebook. Kamu bisa pilih pangsa pasar yang sesuai dengan produk ataupun jenis iklan yang kamu inginkan.

7. Business Signature
Dalam setiap email, pastikan membuat signature yang berupa link ke blog bisnis atau online store kamu. Lakukan hal ini juga di email pribadi kamu. Jadi siapa tahu teman-teman kamu sendiri yang akan menjadi pelanggan potensial, dan akan informasi akan tersebar jika email dari kamu diforward lagi ke orang lain.

8. Link Exchange
Lakukan tukar link dengan blog atau website lain. Mintalah dengan sopan, kalau perlu beli link untuk dipasang di website tersebut. Hal ini lumayan menguntungkan apalagi jika website atau blog tersebut mempunyai banyak pengunjung. Namun cobalah dengan cara tukar link terlebih dahulu.
9. Classified Advertising
Istilah lokalnya adalah iklan baris. Banyak website yang menawarkan iklan baris gratis. Tapi jika kamu ingin menampilkan iklan di halaman utama, ada pilihan untuk memasang feature advertising atau pasang banner. Jadi iklan blog kamu akan selalu ada di depan dan mudah terlihat oleh pengunjung. Harga yang ditawarkan bervariasi namun masih terjangkau.
10. Search Engine Submission
Apa jadinya jika toko online kamu sepi pengunjung yang datang dari search engine? Submitlah blog bisnis kamu ke tiga search engine besar yaitu Google, Yahoo dan Bing. Hal ini memang membutuhkan waktu agar terindex oleh search engine dan mendapatkan peringkat terbaik, apalagi jika blog kamu masih sangat baru.
Advertisements