Pemilik blog atau website pasti sudah terbiasa mendaftarkan blog dan website miliknya ke search engine atau direktori khusus. Namun hal ini cukup membingungkan karena banyaknya situs direktori yang harus kita kunjungi. Lagipula cukup melelahkan jika semua situs direktori yang berjumlah ratusan itu kita kunjungi. Berikut beberapa tips agar kita tidak terjebak situs blog & web submission yang nakal.

1. Gratis atau bayar
Jika kamu pengusaha atau mempunyai blog untuk bisnis, silahkan saja masukan blog kamu ke situs yang berbayar. Namun untuk pribadi, sebisa mungkin hindari, karena hanya buang uang. Belum tentu situs direktori tersebut cukup terkenal dan digunakan banyak orang.
2. Regular atau reciprocal
Bila akan submit link gratis, pilih saja yang reciprocal, artinya kamu harus menyimpan link mereka di situs anda. Namun seandainya sudah melakukan reciprocal link dan blog kamu tidak diapprove, segera buang link mereka dari situs kamu, karena sangat tidak berguna. Bila yang regular tersedia gratis, pilih regular.
3. Lama atau sebentar
Seandainya mereka sudah menawarkan reciprocal namun harus melalui proses berhari-hari (bahkan dalam hitungan bulan) namun belum tentu mendapatkan approval, segera tinggalkan situs sombong seperti ini. Silahkan saja jika mau tetap mencoba, nothing to lose.
4. high rank atau bergengsi
Situs submission dianggap terkenal jika punya alexa rank yang bagus. Teliti lagi, alexa rank bagus namun jumlah situs yang terdaftar di direktori mereka sedikit. Mengapa? Karena banyak pengunjung cuma mampir numpang lewat tanpa mendaftar.
5. Rajin kirim email spam
Banyak dari situs direktori memberi hadiah gratis pada pelanggannya, yaitu email spam. Beragam informasi tak penting masuk ke spam folder email kita. Jika kamu terganggu, unsubscribe atau batalkan email hadiah tersebut walau dengan resiko link kita akan dihapus. No problem.
6. Pilih yang sudah pasti
Sebaiknya daftarkan website atau blog kamu ke search engine yang sudah jelas fungsinya, seperti Google, Yahoo dan Bing. Walau memerlukan proses, orang akan mencari informasi ke mesin pencari ini dibandingkan mampir ke situs direktori. Beberapa search engine yang cukup berkualitas di antaranya adalah Anoox dan Jayde.
7. Gunakan social network
Tak ada salahnya menggunakan Facebook, Twitter atau Friendster untuk mempromosikan situs anda. Bisa juga ke situs Blog Catalog, Digg, Folkd, Blog Engage atau You Say Too. Selain gratis, mereka juga SEO friendly, walau Facebook menganut faham nofollow.
Demikian beberapa tips menghindari situs blog direktori yang money minded. Tidak bisa disalahkan karena mereka juga mencari uang dengan membangun situs direktori. Ada juga search engine kelas biasa yang memerlukan waktu 3 bulan agar blog kita bisa masuk dalam daftar mereka! Google saja tidak selama itu!
Untuk lebih aman, saya menyarankan kamu mendaftar ke scrub the web. Situs ini akan meneliti semua hal dari website kamu, seperti meta tag dan keyword, lalu mereka akan submit ke 10 search engine secara gratis. Lebih simple daripada harus susah payah submit ke situs direktori tak terkenal, namun sombong, dan mata duitan alias matre.
Namun semua keputusan ada di tangan anda. Saya tunggu komentarnya kalo ada tambahan.

 

Advertisements